Tekno

Hoverbike, Teknologi yang Bisa Bawa Polisi Dubai Terbang

Kendaraan hoverbike yang akan menjadi kendaraan patroli kepolisian di kota Dubai, Uni Emirat Arab. (sumber: ABC.net.au)

Kendaraan hoverbike yang akan menjadi kendaraan patroli kepolisian di kota Dubai, Uni Emirat Arab. (sumber: ABC.net.au)

SELIDIKI.COM – Dubai, Uni Emirat Arab, ingin menjadi kota masa depan pertama di dunia, setelah beberapa waktu lalu kerap mengumumkan implementasi teknologi terkini. Jika kemarin Dubai menjadi kota pertama yang menguji-coba taksi terbang, kini polisi di kota tersebut yang terbang.

Dilaporkan oleh Mashable, kepolisian di kota tersebut akan menggunakan kendaraan terbang berupa hoverbike untuk melalukan tugasnya, terutama yang membutuhkan respons cepat atau darurat.

Teknologi ini menambah daftar kecanggihan yang dimiliki oleh kepolisian di kota Dubai setelah mereka dibekali mobil sport mewah untuk patroli, lalu drone cerdas yang bisa mengejar pelaku kejahatan, serta robot polisi yang bisa berpatroli. Menariknya, hoverbike kali ini memiliki tampilan serupa dengan yang ada dalam adegan film Star Wars.

Kendaraan yang diberi nama Hoversurf Scorpion ini pertama kali dipamerkan dalam ajang Gitex Technology Conference di negara tersebut. Menurut VIP Security Department Dubai Police First Sergeant, Ali Ahmad Mohammad, kendaraan ini baru akan digunakan dalam keadaan darurat, dan mampu membuat petugas kepolisian memantau kemacetan di jalan dari udara.

Kendaraan buatan Rusia ini juga disebut mampu melaju sendiri untuk jangka waktu sebentar dengan jarak 4 mile atau 6 km. Kendaraan yang ditenagai dengan tenaga listrik ini mampu membawa beban hingga 600 pound atau setara 200 kg. Hoversurf mampu melaju selama 25 menit dengan kecepatan maksimal 43 km per jam.

CEO Hoversurf, Alexander Atamanov mengumumkan lewat halaman Facebook bahwa pihak kepolisian Dubai telah menandatangain kerja sama dengan perusahaan tersebut untuk produksi masal kendaraan terbang ini khusus untuk kota Dubai.

Mendengar perusahaan pembuat hoverbike ini berasal dari Rusia membuat kita teringat Kalashnikov, perusahaan pembuat senjata ternama juga tengah mengambangkan kendaraan serupa sehingga muncul dugaan bahwa kedua perusahaan pengembang hoverbike ini saling menginspirasi.

 

Sumber: MetroTVNews

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!