Fenomena

Badai Dahsyat Ophelia Menuju ke Irlandia

Hurricane Ophelia Warning

SELIDIKI.COM – Badai yang diberi nama Ophelia kini mulai berjalan ke dataran Irlandia, di mana badai tersebut diperkirakan akan membawa angin kencang dan hujan deras minggu ini.

Badai Kategori 3 telah membawa angin menempuh kecepatan 185 kilometer per jam (115 mph) saat melewati timur Azores pada hari Minggu dini hari.

Ophelia akan memiliki dampak besar bagi Kepulauan Inggris mulai Senin, termasuk ramalan angin topan untuk Irlandia.

Seperti dilansir National Hurricane Center, badai yang bergerak cepat tersebut diintensifkan pada hari Sabtu, namun diperkirakan akan secara perlahan melemah dalam semalam dan menjadi topan pasca-tropis dalam waktu 24 jam.

Ini memperingatkan badai kuat masih akan membawa angin topan karena bergerak mendekati Irlandia dan Inggris.

“Dampak langsung dari angin dan hujan deras di wilayah-wilayah ini kemungkinan besar, seiring dengan kondisi laut yang berbahaya,” kata pusat tersebut Sabtu malam.

Baca juga : Badai Maria luluh lantakkan Dominika

“Meskipun pusat Ophelia tidak diperkirakan mencapai Irlandia atau Inggris sampai Senin, angin dan hujan akan tiba dengan baik sebelum pusat topan.”

Angin badai-badai tropis dimungkinkan di seluruh Azores pada Sabtu malam di belakang sebuah front dingin menyusul badai tersebut, kata NHC.

“Bagian aneh Ophelia adalah melihat intensifikasi ini terjadi di daerah yang biasanya lebih sejuk di Samudera Atlantik,” kata ahli meteorologi CNN Allison Chinchar.

“Angin akan menjadi faktor terbesar,” Chinchar mengatakan tentang perkiraan untuk Irlandia, Irlandia Utara dan Skotlandia, di mana hembusan angin bisa mencapai 130 kph (80 mph). Pantai Portugal dan Spanyol akan melihat hembusan angin hingga 90 kilometer per jam (56 mph).

Chinchar mengatakan karena badai itu melaju lebih dari 44 kilometer per jam (28 mph), maka tidak akan banyak kesempatan untuk membanjiri Irlandia.

Hurricane Ophelia

Hurricane Ophelia

Met Éireann, Dinas Meteorologi Nasional Irlandia, mengeluarkan peringatan merah yang mencakup wilayah Clare, Cork, Galway, Kerry dan Mayo.

Dikatakan badai bisa membawa angin kencang “berpotensi menyebabkan kerusakan dan gangguan struktural, dengan kondisi laut yang berbahaya akibat laut lepas dan potensi banjir.”
Dewan County Kerry mengatakan bahwa karung pasir telah didistribusikan ke daerah dataran rendah.

“Lonjakan pasang surut diperkirakan terjadi di daerah pesisir dengan beberapa banjir yang mungkin terjadi di wilayah pesisir meskipun risiko parah diperkirakan berasal dari angin kencang dan kemungkinan cabang dan pohon yang jatuh,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Penyedia transportasi Irlandia Bus Eireann mengatakan telah membatalkan layanan bus sekolah mereka di daerah yang mencakup peringatan merah untuk hari Senin.

Kantor Met di Inggris juga mengatakan ada peringatan angin kuning untuk Irlandia Utara dan sebagian Inggris Raya untuk hari Senin dan Selasa.

Tapi dikatakan beberapa daerah akan memiliki suhu tinggi selama akhir pekan “sebagian, karena pengaruh (badai), yang akan menghasilkan udara yang sangat hangat dari Spanyol di sisi timurnya.”

“Meskipun bagian-bagian di Inggris mungkin mengalami kondisi yang parah, penting untuk disadari bahwa tidak semua area akan terkena dampak angin topan ini. Misalnya, sebagian besar wilayah timur Inggris akan sangat hangat sepanjang tahun namun cukup semilir pada hari Senin dan Selasa.”

Via CNN

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!