Nasional

Selamat Hari Batik Nasional, Tahukah Kamu Sejarahnya?

Selamat Hari Batik Nasional, Tahukah Kamu Sejarahnya

Selidiki.com – Hari ini adalah hari dimana momen peringatan hari batik nasional se-Indonesia dirayakan. Kamu saat ini mungkin sedang merayakannya dengan menggunakan baju batik untuk beraktivitas di keseharianmun. Namun, tahukah kamu kenapa hari ini dijadikan sebagai hari batik Nasional? Simaklah jawabannya dibawah ini.

Badan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan yang diberi nama UNESCO sudah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi dunia semenjak tahun 2009.

Sejak penetapannya yang jatuh pada 2 Oktober itu, maka jadilah hari itu sebagai momen peringatan hari batik nasional untuk rakyat di seluruh Indonesia.

Mengutip dalam laman resmi UNICEF, batik Indonesia disebut sebagai bagian hidup orang Indonesia. Ia telah menjadi bagian dari sejak kelahiran hingga akhir hayat orang di Indonesia.

Dimulai dari proses kelahiran, pernikahan, kehamilan hingga kematian, batik hadir dalam aktivitas keseharian orang Indonesia.  Atas itulah, kain batik pun dinobatkan sebagai identitas budaya masyarakat Indonesia.

Kehadirannya melalui warna dan desain simbolik menjadi pengungkap kreatifitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Di linimassa Twitter, ucapan Selamat Hari Batik Nasional ikut menjadi puncak percakapan pengguna jejaring sosial pada Senin, 2 Oktober 2017.

Selamat Hari Batik Nasional- selidiki

Selamat Hari Batik Nasional- selidiki com

Ribuan pengguna jejaring sosial menggunakan kata Selamat hari Batik Nasional dan menampilkan beragam gambar batik yang dikenakan pada peringatan ini.

Karena itu, Selamat Hari Batik Nasional. Kamu kenakan batik apa hari ini?

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!