Daerah

Jika Gunung Agung Bali Meletus, Pihak Airnav Siapkan Alternatif ke Bandara lain

Jika Gunung Agung Bali Meletus, Pihak Airnav Siapkan Alternatif ke Bandara lain
Foto :MalangTODAY.net

DENPASAR, SELIDIKI.com – Walau Gunung Agung berstatus awas, terlihat hingga sekarang ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terlihat normal-normal saja.

Corporate Secretary Perum PPPNPI (AirNav), Didiet KS Radityo menjelaskan bahwa pihaknya baru akan menutup bandara itu jika Gunung Agung meletus dan hujan abu keluar sehingga penerbangan akan terganggu.

Seperti dilansir selidiki.com dari Okezone.com bahwa Jika Gunung Agung meletus dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup maka semua penerbangan menuju ke bali akan diambil alih oleh bandara besar di Indonesia lainnya sepeti Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, dan Bandara Lombok.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai akan ditutup jika ada letusan Gunung Agung. Dari AirNav Indonesia bersama PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II telah menyiapkan alternatif pengalihan penerbangan ke sejumlah bandara sesuai daya tampung yang tersedia,” pungkasnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (24/9/2017).

Dia mengatakan, untuk jalur pengalihan itu meliputi 10 penerbangan ke Bandara Juanda Surabaya, 5 penerbangan ke Bandara Hasanuddin Makassar, 5 penerbangan ke Balikpapan, 5 penerbangan ke Jakarta, 3 penerbangan ke Lombok.

Pihaknya mengaku, bahwa AirNav Indonesia telah melakukan simulasi pelayanan lalu lintas penerbangan untuk merespons erupsi Gunung Agung bila terjadi.

Simulasi ini melibatkan Jakarta Air Traffic Service Centre (JATSC), Makassar Air Traffic Service Centre (MATSC), Airnav Indonesia cabang Bali dan Surabaya, Darwin Volcanic Ash Advisory Centre, Virgin Australia, dan KOBU1, 3, 4, 5.

“Aktivitas penerbangan masih normal, kami akan melakukan sesuai prosedur, secepatnya kami akan keluarkan peringatan, baik Notam maupun ASHTAM. Kalau sudah menggangu jalur penerbangan yang keluar atau menuju Bali,” pungkasnya.

(Baca Juga : Gunung Agung Terakhir – Beginilah Kondisinya Saat Ini Berdasarkan Pantauan Pusat Vulkanologi ESDM)

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!