Ekonomi

Cara Kreatif Promosi Startup Anda Secara Gratis

Menciptakan bisnis sendiri bukanlah tugas yang mudah. Berikut adalah cara yang kreatif bantu Anda mempromosikan startup Anda secara gratis.

Mengawali bisnis Anda sendiri dan meluncurkan startup bukanlah tugas yang mudah. Muncul dengan kemungkinan gagasan untuk produk dan layanan jangan pernah anggap remeh. Anda tidak pernah tahu apakah itu sepadan dengan risikonya sampai Anda mengambil lompatan iman itu dan memulai bisnis Anda sendiri.

Salah satu hal tersulit yang harus dihadapi para startup pemula dan muda adalah membangkitkan kesadaran seputar merek mereka. Selain itu, dorong buzz berkaitan dengan produk dan layanan yang mereka tawarkan. Salah satu pembatasan utama yang mereka miliki adalah mencoba untuk mempromosikan diri mereka sendiri saat bekerja dengan anggaran terbatas yang dialokasikan untuk pemasaran.

Bila Anda tidak memiliki cukup sumber daya untuk mengiklankan layanan Anda, ini memerlukan sedikit kemahiran dan kreativitas. Untuk memulai beberapa ide pemasaran kreatif, Writtent.com menunjukkan serangkaian strategi untuk memasarkan startup Anda.

Salah satu tempat pertama yang bisa dimanfaatkan saat ini adalah internet. Sebagai permulaan, bisnis baru harus memiliki situs web yang sangat fungsional dan informatif. Selain itu, sering mempublikasikan posting blog tentang kejadian saat ini dalam bisnis membuat audiens Anda tetap diinformasikan – belum lagi terlibat – apa yang sedang dikerjakan perusahaan Anda saat ini.

Pilihan lain yang bebas mengeksplorasi adalah media sosial. Membuat akun media sosial di Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Snapchat, dan lainnya tidak dipungut biaya. Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas pada awalnya, jadi Anda lebih baik mencoba menumbuhkan pengaruh Anda secara organik terhadap target pelanggan Anda.

buat strategi untuk membantu memasarkan startup Anda. (sumber: pixabay.com)

Minta bisnis Anda terdaftar dan hubungi investor potensial

Menurut Quora, berikut adalah platform yang bisa Anda manfaatkan dan pertimbangkan jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak eksposur

  1. AngelList
  2. Product Hunt
  3. CrunchBase
  4. Reddit

Entah Anda telah beroperasi untuk beberapa lama, atau Anda berada di tahap awal, AngelList adalah platform fantastis untuk memulai startup Anda. Menurut Angel.co, tepatnya 400 startup AngelList telah kumpulkan $ 163 juta dengan bantuan 3.300 investor. Jadi, ini adalah tempat yang tepat untuk terhubung dengan investor dan dalam proses jaringan dengan startup serupa di industri ini.

Sementara itu, Product Hunt, didirikan pada tahun 2013 dan merupakan platform yang didedikasikan untuk kurasi produk. Situs komunal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi produk mereka sendiri, memberi peringkat dan memilih produk yang paling mereka sukai. Begitu produk siap dipasarkan, maka Anda benar-benar dapat membuat visibilitas merek Anda meningkat secara substansial.

CrunchBase sedikit berbeda dari dua layanan sebelumnya. Mereka adalah database investor, inkubator, dan startup yang beragam. Ini tidak disesuaikan dengan bisnis pemula atau bisnis baru namun tetap, memungkinkan orang lain mengikuti perkembangan perusahaan secara kronologis. Bila informasi lebih lanjut tentang merek Anda tercantum, semakin menambah kredibilitas dan kepercayaan pada bisnis Anda.

Reddit, agregasi berita sosial yang didirikan pada tahun 2005, merupakan sumber lain bagi para pemula untuk menampilkan profil perusahaan mereka. Jaringan sosial ini penting untuk meningkatkan kesadaran merek. Anda tidak hanya dapat membuat akun di sana, namun Anda dapat berlangganan topik seperti “pemula” dan “usaha kecil”. Ini membantu Anda mendapatkan gagasan tentang apa yang perusahaan dalam pekerjaan Anda lakukan sekarang.

Cara Kreatif Mempromosikan Startup Anda Secara Gratis

Terhubung dengan calon investor melalui platform seperti AngelList atau CrunchBase (pixabay.com)

Takeaways dan kesimpulan

Akhirnya, startup memang memiliki keuntungan hari ini karena web telah terhubung hampir di setiap penjuru dunia. Saat ini, tidak ada manusia yang tidak melihat layar kecil untuk memeriksa informasi, dan menempatkan kehadiran merek Anda di platform strategis akan membawa Anda ke depan.

Memanfaatkan jaringan media sosial untuk menghubungkan merek Anda dengan pengguna akan membantu usaha Anda tanpa menginvestasikan terlalu banyak pada iklan, dan pemasaran.

Cantumkan startup Anda akan menjadi cara lain yang bagus untuk menampilkan fitur Anda. Jaga agar situs web dan blog Anda lancar. Pelanggan akan mencari informasi ini. Setelah dioptimalkan untuk semua platform utama akan menumbuhkan reputasi merek Anda, dan membantu Anda menghasilkan lebih banyak penjualan.

Sumber: BuletinPengusaha
Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!