Kesehatan

Ketahui Penyakit Lupus hingga Gagal Ginjal yang Diderita Selena Gomez

Penyakit Lupus baru-baru ini diderita seorang artis ternama internasional yang tak lain adalah Selena Gomez. Penyakit ini berkaitan dengan kesehatan ginjal perempuan muda tersebut hingga harus mengalami operasi transplantasi ginjal.

Ada baiknya mengenal penyakit Lupus, mengutip dari laman LiveScience, Jumat (15/9/2017), bahwa lupus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh memicu kerusakan pada beberapa bagian tubuh layaknya persendian, kulit, hingga organ dalam yang sangat penting seperti ginjal, paru-paru, dan jantung.

Akibatnya sekitar separuh orang dewasa dan 80 persen anak yang menderita lupus pada akhirnya mengalami gangguan pada ginjalnya. Gangguan ini bisa berupa pembengkakan atau luka yang terdapat pada glomeruli atau pembuluh darah kecil yang berfungsi menyaring berbagai sampah dan racun dari darah.

Dalam kasus ini, penyanyi berusia 25 tahun itu mendapatkan donor ginjal dari Francia Raisa, yang juga adalah sahabat dekatnya. Penderita lupus seperti Selena Gomez ini mengalami inflamasi pada ginjalnya akan diminta untuk mengkonsumsi obat-obatan dengan rutin dengan tujuan memperbaiki fungsi sistem imunnya.

“30 persen penderita lupus mengalami inflamasi pada ginjal dan akhirnya mengalami gagal ginjal alias ginjal yang sudah tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana mestinya,” dimuat laman tersebut.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, disebutkan bahwa hampir semua penderita gagal ginjal yang disebabkan oleh lupus harus melakukan transplantasi ginjal seperti yang dilakukan oleh Selena Gomez ini.

 

Sharing is caring!
To Top
error: Content is protected !!